Minggu, 21 Desember 2008

5 Budayawan Jambi Bertolak ke Istana Bogor

Ikuti Kongres Budaya Nasional Bersama Presiden SBY

KOTAJAMBI-Berbeda dari penyelenggaraan sebelum-sebelumnya keikutsertaan Jambi pada helatan Kongres Budaya, tidak pernah diekspos sedemikian rupa, bahkan boleh dibilang minim ekspos. Tahun ini pada penyelenggaraannya di Kota Bogor Jambi kembali mengirim utusan atau dutanya.

Kali ini Jambi mengirim lima orang seniman atau budayawannya dari berbagai latar belakang seperti yang dikehendaki oleh Panitia Penyelenggara Pusat. Kelima duta yang dinilai punya kredibilitas guna mewakili bidangnya masing-masing itu adalah para tokoh seni dan budaya Jambi yang sudah tak asing lagi dikenal publik.

Mereka adalah DR Sudaryono mewakili kalangan akademisi yang juga sastrawan, lalu Jafar Rasuh dari Disbudpar mewakili Pemprov yang juga seniman rupa dan budayawan. Suroso dari kalangan Birokrat yang juga seniman musik musik. Yang lainnya adalah Sakti Alam Watir yang merupakan pemerhati dan tokoh masyarakat seni Jambi, serta Yupnical Saketi mewakili kalangan pers dan media yang juga seniman Jambi.

Menurut kabar para duta budaya ini akan berbaur dengan puluhan duta dari daerah lainnya di Istana Negara Bogor, tempat yang beberapa waktu lalu dikunjungi Presiden Amerika Serikat (AS) yang kontroversial George Walker Bush, karena menurut jadwal panitia pada 9 Desember ini akan digelar acara pembukaan yang dilakukan langsung oleh Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Helatan ini sendiri menurut jadwal panitia akan berlangsung sampai 12 Desember mendatang. Selama di helatan, para duta budaya daerah tersebut bakal berjibaku dalam agenda yang teramat ketat dan padat. “Hanya saja pada tanggal 10 kita akan disuguhi pertunjukan berbagai kesenian daerah dari pagi sampai malam. Selebihnya adalah agenda seminar dan sidang,” demikian diungkapkan Mas Suroso yang bertindak selaku Juri Bicara (Jubir) kepada Posmetro Jambi kemarin.(c@l)

0 komentar: