Jumat, 10 Oktober 2008

Model Trend Mukena Jambi

Model Adobsi Tetumbuhan dan Hewan, Trend Mukena Lebaran Tahun Ini

Yupnical, Jambi- DUNIA fashion akhirnya sampai juga menyentuh busana ibadah muslimah. Selain Jilbab dan baju kurung, salah satu yang akhirnya terjamah fasyen adalah Mukena.

Kalau dulu mukena hanyalah dipandang sebatas busana atau kelengkapan ibadah khususnya untuk sholat, hingganya keberadaannya hanya dipandang sebatas alat kelengkapan yang cukup sebatas ada dan punya. Tak perlu gaya atau mode macam-macam. Hingganya penampilan mukena selalu dalam pakem konvensional tanpa inovasi dan kreasi.

Maka dalam perkembangannya kini, mukena yang telah tumbuh tidak lagi sebatas busana kelengkapan ibadah wanita muslimah, melainkan juga telah jadi salah satu model pakaian keseharian layaknya jilbab dan baju kurung, mukena masa kini telah tampil dinamis dan penuh gaya dan kreasi inovasi.

Bahkan mukena kini didisain oleh para disainer busana ternama. Maka tidak mengherankan kalau mukena belakangan ini selalu muncul mode dan gaya baru setiap jelang momentum bulan Ramadhan dan hari Raya idul Fitri.

Bergagai model, gaya dan pola tercurahkan secara maksimal. Hinganya mukena tak lagi busana ibadah apa adanya. Aneka corak dan ragam kini bebas dipilih oleh para muslimah sesuai selera. Dari mode dan gaya, kini mukena ada mukena berenda, mukena berbordir, mukena lukis, mukena batik dan lain sebagainya.

Dari bahan mukan kini ada yang berbahan katun, ada sutera, ada tayyet, ada parasut, nilon, kalap dan lain sebagainya. Begitu juga soal warna. Kalau dulu mukena harus berwarna putih. Maka mukena masa kini tidak harus putih. Sudah ada mukena pink, biru, krem, kuning, oranye, hijau dan lain sebagainya.

Dalam disain, mukena kini ada yang bergaya mengadobsi penampilan hewan seperti kupu-kupu, atau adobsi bentuk sayap serangga lainnya. Bahkan ada gaya adobsi dari gaya sayap dan ekor burung-burungan seperti merak, cendrawasih dan lainnya.

Ada juga yang bergaya suluran rumbuh-tumbuhan seperti teratai, berbagai jenis bebungaan seperti teratai, mawar, dahlia dan lainnya.
Yang pasti kesemua corak, daya, mode dan pola yang ditawarkan di jamin akan membuat muslimah pemakainya semakin anggun bergaya dan modis. Bahkan bisa dijamin pula, kalau mukena masa kini itu juga bisa dipakai di keseharian tanpa harus merasa risih, malu atau sungkan lagi. Arti kata mukena kini tidak lagi sebatas kelengkapan ibada atau sholat semata.

Lalu, dari sekian banyak mode, gaya, pola dan corak yang telah banyak ditawarkan para produsen saat ini, yang mana yang akan jadi trend tahun ini. Semua tentu kembali pada selera dan pribadi konsumen itu sendiri.
Pasalnya, berbeda dari jenis busana lainnya, maka mukena adalah busana yang tidak akan kehilangan fase trendnya. Sepanjang waktu mukena yang telah dimiliki akan tetap menjadi trend. Artinya. Setiap mode, corak, gaya dan pola yang telah tersaji tidak akan pernah kehilangan pangsa pasarnya.

Yang jelas, sepertinya gaya berenda akan tetap jadi pilihan dan incaran para muslimah calon konsumen. Hal ini tentu berhubungan dengan karekter kehidupan masyarakat massa kini yang dinamis dan penuh spirit.
Hanya saja mungkin perpaduan gayanya, tahun ini akan jauh lebih kreatif dan inovatif.

Gaya yang diadobsi dari hewan dan tumbuhan akan menjadi incaran muslimah calon konsumen. Alasannya, apalagi kalau bukan model itu adalah sesuatu yang baru, alias belum pernah ada di tahun-tahun sebelumnya. Selamat lebaran selamat bergaya pada segenap muslimah Jambi. Semoga semua mendatang pahala kepad setiap kita, amin.

0 komentar: