Jumat, 10 Oktober 2008

ATL Internasional 2010, Jambi Tuan Rumah?


ATL Internasional 2010, Jambi Tuan Rumah?


Bertekad Serius Incar Jadi Tuan Rumah Festival, ATL Jambi Akan Kirim Sebanyak-banyaknya Utusan ke Wakatobi Sultra

TELANAIPURA-Festival Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) Internasional yang akan diselengarakan di Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra) Desember mendatang ternyata cukup membuat ATL Jambi antusias.
Hal itu terungkap dalap rapat pengurus ATL Jambi yang berlangsung Kantor Bahasa Telanaipura kemarin sore. seperti apa yang disampaikan DR Maizar Karim Mhum Ketua ATL Jambi kemarin. Dikatakannya meskipun secara umur ATL di Indonesia masih tergolong seumur jagung namun kiprahnya ternyata cukup terbukti ampuh membangun jati diri sebuah negeri dan bangsa.
Karena keinginan mengincar dan lalu merebut kesempatan untuk jadi tuan rumah penyelenggaraan ATL 2 tahun berikutnya, tepatnya tahun 2010, maka ATL Jambi merencanakan akan mengirimkan utusan sebanyaknya-banyak, lewat semua jalur yang memungkinkan, baik jalur sebagai peserta undangan, biasa maupun sebagai pemakalah.
“Ya, dalam rapat kita sudah memutuskan akan hadir atau mengirimkan utusan pada helatan dwi tahunan tersebut. Bahkan kita mendapat amanah dari budayawan Ja’far Rasuh untuk membawa pulang kesempatan jadi tuan rumah untuk penyelenggaraan tahun 2010 nanti. Pesan itu lah yang paling memotivasi kita,” ungkap Maizar Karim.
Mengapresiasi niatan positif itulah, imbuhnya, ATL Jambi berencana mengirimkan utusan sebanyak-banyaknya, minimal lima orang. Jumlah itu tentu melebihi kapasitas yang yang telah ditetapkan panitia yang membatasi pesertanya hanya 100 orang untuk seluruh dunia.
Adalah budayawan yang juga salah seorang Kasubdin di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Ja’far Rasuh yang paling mensuport dan memotivasi hasrat ATL tersebut. Bahkan dia yang menitipkan pesan kepada para utusan Jambi yang nantinya akan mewakili ATL Jambi untuk pulang dengan membawa oleh-oleh berupa kesempatan untuk jadi tuan rumah itu.
Festival ATL di Waktobi itu sendiri akan berlangsung mulai 1 Desember mendatang. Tema yang diangkat tahun ini adalah tentang ‘tradisi lisan kemaritiman’.
Tentu saja guna terwujudnya cita-cita tersebut ATL Jambi membutuhkan pengertian dan bantuan dari semua pihak, terutama sekali dari berbagai dinas instansi terkait milik pemerintah, dan pihak swasta tentunya yang ada di Jambi, untuk dapat membantu secara materil keberangkatan utusan Jambi ini.
“Pokoknya kita akan tunjukkan kita serius ingin turut membangun jati diri dan karekter bangsa ini khususnya negeri Jambi, dengan cara melobi kesempatan untuk jadi tuan rumah penyelenggaraan dua tahun berikutanya. Mottonya, Festival ATL 2010, di Jambi” begitu pungkas Maizar.(c@l)

4 komentar:

Adi Suhara mengatakan...

Bang Ical lah lamo idak basuwo, sayo Suhardi AB, yang lah lamo menghilang.. boleh juga kito tukaran link, kunjungi my blog :
http://adisuhara.blogspot.com
http://dkambi-koha.blogspot.com

Yupnical Saketi mengatakan...

oce deh, kalu mau kopi darat bolehla mampir di posmetro, mk

Yupnical Saketi mengatakan...

oce deh, kalu mau kopi darat bolehla mampir di posmetro, mk

Yupnical Saketi mengatakan...

oce deh, kalu mau kopi darat bolehla mampir di posmetro, mk